Pemilihan Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS 2014/2015

Kategori Kegiatan/Program Sekolah Oleh

SMPPemilihan Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS 2014/2015 atau sering disebut Pilkatos ini diadakan setiap setahun sekali.  Pilkatos dilaksanakan sebagai tindak lanjut atas selesainya masa jabatan Ketua dan Wakil Ketua OSIS sebelumnya sekaligus sebagai ajang pengenalan pendidikan karakter, salah satunya lahirnya jiwa yang demokrasi, jujur/bersih, amanah, tanggung jawab dan percaya diri.

Jum’at, 17 Oktober 2014 lalu yang juga bertepatan dengan peringatan Hari KORPRI, pengurus OSIS menyelenggarakan event akbar Pilkatos 2014/2015 yang diikuti oleh guru, karyawan dan siswa-siswi SMP N 2 Pegandon.  Diawali dengan pelaksanaan Upacara peringatan Hari KORPRI kemyudian dilanjutnya dengan Sosialisasi, Kampanye dan Debat singkat dari masing-masing pasangan calon. Adapun ketiga kandidat pasangan yaitu :

1. Tedy Kurniawan dan Dian Dwi Ariyani

2. M. Davit Iqbal I dan Natasya Heba Pesona

3. Indri Lestari dan Lailatul Vitri

Dari ketiga kandidat masing-masing menyampaikan profil, visi-misi dan saling melempar pertanyaan ke lawan kandidat sehingga timbullah perdebatan yang menarik semua siswa. Hal ini menimbulkan ketertarikan dari siswa-siswi lain untuk lebih mengenal program, cara kerja dan track record dari masing-masing pasangan sehingga pada session tanya jawah dari pemilih banyak yang melontarkan pertanyaan. untuk menjunjung tinggi ikatan persaudaraan dan sportivitas, ketiga kandidat ini mengakhirinya dengan mengucapkan Ikrar Damai.

Tepatnya Sabtu, 18 Oktober telah dilaksanakan Rekapitulasi Penghitungan Suara dengan hasil sebagai berikut :

– Jumlah suara yang masuk : 588 suara

– Rusak = 53 suara

– Pasangan No. Urut 1 = 359 suara

– Pasangan No. Urut 2 = 155 suara

– Pasangan No. Urut 3 = 21 suara

Dari hasil Rekapitulasi tersebut akhirnya diputuskan Pasangan No. urut 1 lah yang berhak memangku kursi kepemimpinan Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode tahun 2014/2015. Selanjutnya pada hari Senin, 20 Oktober 2014 yang juga bertepatan dengan dilantiknya presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla, Tedy & Dian menyampaikan pidato kemenangan sebagai ungkapan rasa terima kasih dan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

Pemilu yang diikuti oleh seluruh keluarga besar SMP N 2 Pegandon ini berjalan hikmat dan penuh demokrasi. Semua siswa nampak sangat antusias untuk ikut menyumbangkan hak suaranya. Yah bisa jadi karena mereka ingin mendapatkan pengalaman seperti apa yang telah dialami orang-orang dewasa yang sudah memiliki hak pilih di KPPS.

 

Tags:

Kehadiran situs ini diharapkan bisa menjadi media informasi dan interaksi bagi warga sekolah, khususnya, dan insan-insan pendidikan pada umumnya, dalam upaya mewujudkan kultur sekolah yang bermartabat.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terakhir tentang

Go to Top