LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA DAN PELANTIKAN PENGURUS OSIS

Kategori Kegiatan/Program Sekolah Oleh

Organisasi siswa intra sekolah (OSIS) merupakan wadah untuk menampung dan menyalurkan serta mengembangkan kreatifitas peserta didik, baik dalam kegiatan kurikuler maupun ekstrakurikuler dalam rangka menunjang keberhasilan kurikuler.

Dalam implementasinya dibutuhkan pengurus yang memiliki loyalitas tinggi untuk melaksanakan kegiatan OSIS yang memiliki jiwa berkarakter pejuang dan berakhlak mulia. Untuk itu diperlukan pelatihan, penggodokan dan pemantapan dengan rangkaian kegiatan yang diawali dengan :
1. Latihan dan seleksi PBB
2. Test Wawancara dengan aspek kecerdasan emosial, spiritual & logika, aspek tingkah laku, aspek kerapian, aspek public speaking dan aspek kepemimpinan.
3. Pemilihan Umum Ketua dan Wakil Ketua OSIS (Pilkatos)
4. LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa)

Latihan dan seleksi PBB dilaksanakan selama 1 bulan tiap hari Senin, Rabu, Kamis dan Sabtu setiap selesai pulang sekolah. Adapun hari Jum’at peserta diwajibkan mengikuti kegiatan Pramuka. Latihan dan seleksi semacam ini diharapkan dapat memupuk jiwa patriotisme ditunjang dengan fisik yang tangguh dalam segala bidang. Sedangkan tes wawancara dilaksanakan dengan tujuan untuk menguji kelayakan peserta calon pengurus osis, sehingga didapat pengurus yang cerdas dan dewasa dalam menyikapi berbagai persoalan dan tantangan. Pemilu Ketua dan Wakil Ketua OSIS diselenggarakan dengan tujuan untuk mensosialisasikan pesta demokrasi yang jujur, bersih, transparent dan bertanggung jawab. Terlebih mengajarkan siswa untuk memilih berdasarkan kualitas calon, bukan kekayaan dan royalitas calon ketua osis.

LDKS dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 12, 14 dan 15 dengan berbagai materi kepengurusan OSIS, seperti PBB, TUB, Kepemimpinan, Teknik Diskusi, Keorganisasian, Kewirausahaan, Kedisiplinan, Tata Krama/Pergaulan, White Game/Outbond, Persami OSIS yang terdiri dari Dzikir/Doa bersama, Dinamika kelompok, Public Speaking, Motivasi, Kepedulian Sosial dan Renungan. Peserta terdiri dari pengurus osis yang lolos seleksi sejumlah 49 siswa didampingi pengurus senior sejumlah 9 siswa dan beberapa alumni. Kegiatan ini selain diharap dapat memberi bekal kepengurusan, juga mampu memupuk mental dan loyalitas pengurus osis. Rangkaian kegiatan mempersiapkan kepengurusan osis yang baru ini diakhiri dengan Pelantikan Pengurus OSIS periode tahun 2015/2016 dan serah terima jabatan. Upacara berjalan lebih bermakna karena bertepatan dengan Upacara Korpri tanggal 17 November dan diwarnai suasana haru ketika ucapan selamat terus mengalir dari bapak ibu guru dan karyawan kepada pengabdian pengurus osis periode tahun 2014/2015, pengurus osis dan baru dan siswa yang meraih prestasi di cabang atletik dan tenis meja. Tidak hanya sampai disiitu saja, pengurus osis baru dan senior menyajikan pertunjukan variasi gerakan irama pbb yang memanjakan peserta upacara ketika hendak meninggalkan lapangan. Mudah-mudahan apa yang dipersembahkan anak-anak dapat menjadi keteladanan bagi kita semua untuk terus menjaga loyalitas terhadap tanah air Indonesia. Amiin….

Kehadiran situs ini diharapkan bisa menjadi media informasi dan interaksi bagi warga sekolah, khususnya, dan insan-insan pendidikan pada umumnya, dalam upaya mewujudkan kultur sekolah yang bermartabat.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*