INFO PPDB SMP NEGERI 2 PEGANDON TAHUN 2020/2021

Kategori Informasi/Pengumuman Oleh

Tahun ajaran baru segera  tiba. Kegiatan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 akan dimulai pada 22 Juni 2020. Hal ini berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal Nomor : 420/ 1026 /disdikbud Tentang  Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru Pada TK, SD dan SMP Negeri di Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2020/2021.

Pada  prinsipnya  PPDB Tahun  Pelajaran  2020/2021 diselenggarakan oleh setiap satuan pendidikan SMP Negeri di Kabupaten Kendal sesuai persyaratan dan tata cara yang ditetapkan yang dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Kendal. PPDB pada satuan pendidikan SMP dilaksanakan dengan menggunakan mekanisme dalam jaringan (online). Adapun ketentuan PPDB SMP Negeri 2 Pegandon Tahun Pelajaran 2020/2021 sebagai berikut :

1.  Pengumuman PPDB dapat diperoleh melalui :

a. Papan Pengumuman SMP Negeri 2 Pegandon

b. Website resmi Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Kendal dengan alamat : http://disdikbud.kendalkab.go.id/ppdb;

c. Website resmi PPDB SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 Pemerintah Kabupaten Kendal  dengan alamat : http://kendal.siap-ppdb.com.

2.  Jadwal PPDB

a. Pendaftaran Daring Mandiri dan/atau lewat SMP Negeri 2 Pegandon

1) Dibuka : Tanggal, 22 Juni 2020, Pukul 07.00 WIB

2) Ditutup  : Tanggal, 26 Juni 2020, Pukul 09.00 WIB

b. Pengumuman Hasil Seleksi : Tanggal, 27 Juni 2020, selambat-lambatnya pukul 12.00 WIB

c. Pendaftaran Ulang : Tanggal, 29 Juni – 2 Juli 2020

d. Hari Pertama Masuk Sekolah  : Tanggal 13 Juli 2020

3. Kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi oleh calon peserta didik SMP yang mengikuti PPDB dan diunggah (upload) berupa file/softcopy/foto pada saat pendaftaran adalah:

  1. Scan Asli Ijazah SD/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SD/ijazah Program Paket A/Ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SD;
  2. Scan Asli Akta kelahiran dengan batas usia paling tinggi 15 (limabelas tahun) tahun pada tanggal 1 Juli 2020 yang dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir;
  3. Scan Asli Kartu Keluarga atau Surat Keterangan domisili asli dari RT/RW, yang menerangkan bahwa calon peserta didik tersebut telah berdomisili paling singkat 1 (tahun) tahun sebelum pelaksanaan PPDB;
  4. Scan Print Out Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);
  5. Scan Asli Piagam  prestasi  tertinggi  yang  dimiliki  dan  sesuai   kriteria yang ditetapkan;
  6. Selain persyaratan sebagaimana tersebut di atas, calon peserta didik dengan kriteria tertentu wajib menggunggah (upload) Surat Keterangan, yaitu  : 
  7. Calon peserta didik dari Pondok Pesantren menyertakan Scan surat keterangan dari Yayasan Pondok Pesantren yang telah terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia;
  8. Calon peserta didik dari Panti Asuhan/Sosial Negeri menyertakan Scan surat keterangan kelayan dari lembaga pengelola panti, sedangkan calon peserta didik dari Panti Asuhan/Sosial yang dikelola oleh masyarakat harus telah berbadan hukum dengan menyertakan Scan surat keterangan dari lembaga pengelola panti dan diketahui oleh Dinas Sosial sesuai kewenangannya;
  9. Calon Peserta Didik dari daerah bencana alam atau bencana sosial yang ditetapkan sebagai bencana nasional maupun daerah, menyerahkan Scan Surat Keterangan domisili dari RT/RW yang diketahui oleh Lurah/Kades setempat. 
  10. Sekolah dapat meminta calon peserta didik yang mendaftar melalui Jalur Afirmasi, Jalur Pindah Orang Tua/Wali, dan Jalur Prestasi melakukan verifikasi keabsahan dan keaslian berkas terutama terkait dokumen yang menunjukkan keabsahan calon peserta didik untuk mendaftar melalui jalur tersebut.

4. Pendaftaran

a. PPDB SMP Negeri dilaksanakan jaringan (daring/online) melalui situs internet PPDB SMP Kabupaten Kendal ( http://disdikbud.kendalkab.go.id/ppdb  atau http://kendal.siapppdb.com )

b. Tata Cara Pendaftaran dan Verifikasi Pendaftaran

  1. Calon peserta didik SMP Negeri dapat mendaftarkan diri secara mandiri melalui daring atau datang langsung pada SMP Negri 2 Pegandon untuk melakukan pendaftaran dengan bantuan operator pendaftaran.
  2. Setelah melakukan pendaftaran, peserta didik mencetak bukti pendaftaran.
  3. Calon peserta didik SMP Negeri lulusan tahun sebelumnya wajib datang langsung pada satuan pendidikan yang dituju sekaligus melakukan verifikasi berkas secara langsung disamping melakukan pendaftaran secara daring sesuai ketentuan.  
  4. Calon peserta didik SMP Negeri dapat mendaftarkan diri pada 1 (satu) satuan pendidikan dalam zona yang telah ditetapkan sebagai pilihan pertama.
  5. Calon peserta didik juga dapat memilih 2 (dua) satuan pendidikan terdekat yang sudah ditentukan berdasarkan sekolah pilihan pertama sebagai pilihan kedua dan ketiga.
  6. Calon peserta didik juga dapat memilih 1 (satu) satuan pendidikan di luar zona yang telah ditetapkan sebagai pilihan empat.
  7. Peserta didik yang sudah mendaftar hanya dapat diverifikasi di salah satu jalur saja, apabila salah satu jalur sudah diverifikasi maka tidak dapat diverifikasi di jalur lain.
  8. Peserta didik yang mendaftar melalui jalur zonasi akan diverifikasi oleh sekolah berdasarkan bukti dokumen yang sudah dikirim  melalui aplikasi PPDB.
  9. Peserta didik yang mendaftar melalui jalur perpindahan tugas orang tua/wali, jalur afirmasi dan jalur prestasi wajib melakukan verifikasi secara langsung ke sekolah dimaksud.
  10. Sekolah dapat menolak verifikasi jika ditemukan ketidaksesuaian antara berkas yang diajukan dan data yang diterima, penolakan tersebut akan langsung dapat dipantau oleh peserta didik melalui aplikasi PPDB.

5. Seleksi pada SMP Negeri menggunakan jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur prestasi dan Jalur perpindahan tugas orang tua/wali.

6. Daftar Ulang

Peserta didik yang diterima di satuan pendidikan wajib melakukan daftar  ulang,  dan  bagi  yang  tidak  mendaftar  ulang  dianggap mengundurkan diri.

Persyaratan daftar ulang bagi calon peserta didik yang dinyatakan diterima adalah sebagai berikut:

  1. menunjukkan kartu pendaftaran asli;
  2. menunjukkan Ijazah asli/ Surat Keterangan yang Berpenghargaan
  3. Sama (SKYBS) asli;
  4. menunjukkan Akta Kelahiran asli;
  5. menunjukkan bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah dan pemerintah Daerah bagi peserta didik dari keluarga tidak mampu (Kartu PKH atau Kartu BPNT);
  6. Surat pernyataan mematuhi kedisiplinan dan ketentuan-ketentuan dari sekolah yang bersangkutan.

Demikian informasi PPDB SMP Negeri 2 Pegandon Tahun Pelajaran 2020/2021. Info lengkap dapat di unduh pada file juknis atau brosur PPDB SMP Negeri 2 Pegandon berikut ini.

Unduh Juknis PPDB 2020/2021

Kehadiran situs ini diharapkan bisa menjadi media informasi dan interaksi bagi warga sekolah, khususnya, dan insan-insan pendidikan pada umumnya, dalam upaya mewujudkan kultur sekolah yang bermartabat.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*