Program Kerja Umum Kesiswaan Tahun 2013/2014

RENCANA PROGRAM UMUM KESISWAAN-PEMBINA OSIS
SMP NEGERI 2 PEGANDON
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

A. Latar Belakang
IMG_0389Keberadaan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) OSIS SMP Negeri 2 Pegandon sebagai salah satu wadah yang tersedia untuk mengembangkan potensi peserta didik sangat relevan dengan anjuran yang terdapat pada Undang – undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional sebagaimana yang terdapat pasal 3, 4, dan 12 ayat 1 (b) sebagai berikut :

Pasal 3 :
Bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik.

Pasal 4 :
Bahwa pendidikan diselenggarakan dengan materi keteladanan membangun kemauan dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran.

Pasal 12 ayat 1 (b) :
Bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya untuk mengembangkan bakat yang dimiliki.
Organisasi Siswa Intra Sekolah adalah suatu wadah bagi siswa dalam suatu sekolah untuk mengembangkan bakat, minat dan kemampuan mereka di dalam suatu kegiatan-kegiatan yang bersifat positif.
Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa-siswi dalam suatu sekolah mempunyai peranan penting dalam hal pembinaan siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Perubahan-perubahan yang terjadi terutama dapat kita rasakan pada masalah kedisiplinan siswa, siswa yang mengikuti kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler sebagian besar mempunyai kepedulian terhadap kedisiplinan di sekolah.

Agar kegiatan-kegiatan tersebut terarah dan terbimbing dengan baik, maka pengaturan kegiatan-kegiatan tersebut didasarkan pada 4 (empat) Jalur Pembinaan Kesiswaan yaitu :
1. Organisasi Kesiswaan
2. Latihan Kepemimpinan
3. Kegiatan Ekstra Kurikuler
4. Kegiatan wawasan wiyata mandala

Adapun faktor pendukung dari keberhasilan beberapa subbidang kegiatan OSIS ini di antaranya kesungguhan dari Pembina subbidang kegiatan dan peserta didik itu sendiri dalam mengasah kemampuan sehingga mampu bersaing baik di tingkat Kota maupun di tingkat Propinsi. Rasa kebersamaan, motivasi positif, rasa tanggung jawab yang dibina antar pengurus OSIS, hubungan baik dengan Pembina dan kebijakan sekolah yang mendukung program OSIS, sarana pendukung kegiatan yang memadai memberikan peluang untuk OSIS mampu menjalankan beberapa program-program yang telah dirancang terlaksana sesuai target.

Namun, di balik keberhasilan di sana sini masih terdapat kendala yang membuat jalannya program kurang optimal. Banyak hal yang menyebabkan kendala ini baik dari internal kepengurusan OSIS maupun dari eksternal pengurus. Adapun kendala klasik dalam sebuah organisasi masih kurang solidnya antar pengurus dan kurang pahamanya pengurus dengan job description masing-masing, sehingga lahirnya kegiatan masih mengandalkan masukan dari guru Pembina. Pengaturan jadwal untuk akademik dan organisasi yang belum optimal terkadang menyebabkan pengurus mengalami kendala dalam menjalankan program yang telah dirancang. Seperti kegiatan yang menuntut pengurus menjalankan program saat jam akademik berlangsung. Sehingga menyebabkan ketimpangan dalam menunaikan hak dan kewajiban.

Berangkat kondisi riil tersebut Pembina OSIS beserta perwakilan kelas dituntut untuk lebih memahami, mampu merumuskan dan melaksanakan program-program yang telah direncanakan dengan tetap memperhatikan aspek keseimbangan antar kegiatan akademik dan organisasi. Hal yang tidak boleh terlupakan yakni kepekaan, kekritisan, dan fleksibelitas pengurus OSIS sebagai perwakilan kelas sehingga fungsi sebagai wadah aspirasi yang berlandaskan Anggaran Dana Dasar OSIS, Anggaran Rumah Tangga Perwakilan Kelas, dan kode etik perwakilan kelas dapat terwujud. Begitu juga dengan kebijakan yang diterapkan disekolah hendaknya tetap memperhatikan aspek pengembangan potensi anak melalui kegiatan berorganisasi melalui wadah OSIS tersebut.

B. Visi
Perwakilan kelas SMP N 2 Pegandon sebagai perangkat OSIS yang berfungsi sebagai legislator, supervisor, kolektor dan advisor bagi seluruh kegiatan OSIS, serta sebagai media aspirasi siswa dalam bidang kegiatan kesiswaaan pada khususnya dan sekolah pada umumnya yang berlandaskan IMTAQ, IPTEK, budi pekerti luhur, serta semangat kekeluargaan yang selaras dengan profesionalitas kerja sesuai dengan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dan kode etik perwakilan kelas.

C. Misi
Untuk mencapai visi di atas, maka perwakilan kelas periode 2013/2014 memiliki misi-misi sebagai berikut:
1. Berpegang teguh kepada Ketuhanan Yang Maha Esa.
2. Menerapkan dan mengaplikasikan IMTAQ dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mengedepankan profesionalisme kerja tanpa mengenyampingkan kekeluargaan.
4. Mempelajari secara seksama serta berperilaku sesuai dengan Tata Tertib SMP Negeri 2 Pegandon.
5. Membahas, menimbang, merevisi dan mengesahkan Anggaran Rumah Tangga (ART) dan standarisasi pengawasan serta aturan perundangan OSIS lainnya sebagai perwujudan fungsi legislator.
6. Menampung, menyortir serta mengakomodir seluruh aspirasi yang terkait dengan kinerja OSIS dari berbagai elemen di SMP Negeri 2 Pegandon sebagai perwujudan fungsi media aspirasi.
7. Melaksanakan pengawasan secara maksimal terhadap kinerja OSIS sebagai perwujudan fungsi supervisor.
8. Meninjau kembali serta memberikan pembentukan atas perkara yang terkait dengan kinerja OSIS sebagai perwujudan fungsi korektor.
9. Memberikan masukan baik pada saat pra pelaksanaan, pelaksanaan, maupun pasca pelaksanaan yang bertujuan untuk meningkatkan kredibilitas OSIS sebagai perwujudan fungsi advisor.
10. Berupaya secara maksimal dalam menempatkan diri sebagai rekan kerja Pengurus OSIS (PO) dan semua sub seksi yang ada di SMP Negeri 2 Pegandon.
11. Melaksanakan kaderisasi untuk mencari bibit-bibit unggul dalam rangka regenerasi kepengurusan OSIS SMP Negeri 2 Pegandon.

D. Sasaran Kegiatan
Kegiatan OSIS ini ditujukan untuk seluruh warga SMP Negeri 2 Pegandon khususnya.

E. Kepengurusan Organisasi Intra Sekolah (OSIS)
Penanggung jawab : Drs. Tri Widodo
Ur. Kesiswaan : Erni Mudiarti, S.Pd
Pembina OSIS I : Nur Fadhul Ma’arif, S.Kom
(Bidang Keagamaan, KIR, Kopsis, Media Massa/Mading, Ekstrakurikuler)
Pembina OSIS II : Erwin Agustian, S.Pd
(Bidang Upacara, Pramuka, PBB/Paskibra, UKS-PMR, Kesenian)
Ketua Pengurus OSIS : Afina Fitri
Wakil Ketua I : Heza Wais Alqurni
Wakil Ketua II : Bagus Prasetyo
Sekretaris I : Mia Ayu Sulistiyani
Sekretaris II : Nurdianti Fitriani
Bendahara I : Nur Azizah
Bendahara II : Mia Ayu Sulistiyani
Ketua MPK : –
Sekretaris MPK : –
Ketua Seksi Upacara : Dewi Prananda M.F
Ketua Seksi Keagamaan : M. Pradika Tri Widodo
Ketua Seksi Ketrampilan & Kesenian : Widatul Ulya
Ketua Seksi Kreatifitas & : Agus Prasetyo
Kewirausahaan
Ketua Seksi Media Masa : Jodi Robiyanto
Ketua Seksi PMR : Amaliya
Ketua Seksi PBB/Paskibra : Siti Umi Masruroh
Ketua Seksi Masyarakat/Humas : Winda Karunia
Ketua Seksi Kepramukaan : Ina Lutfiana Ningsih
Ketua Seksi Keamanan : Danang Prasetyo
Ketua Seksi Olahraga : M. Agung Sulistiyono
Ketua Seksi Keindahan Lingkungan : Siti Nur Jannah

F. Materi Kegiatan
1) Pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, antara lain :
a. Melaksanakan peribadatan;
b. Memperingati hari-hari besar keagamaan;
c. Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama;
d. Membina toleransi kehidupan antar umat beragama;
e. Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan;
f. Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah.
Hasil yang diharapkan adalah terbinanya kualitas keimanan, kesadaran dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME dan kualitas kesadaran kerukunan antar umat beragama dalam usaha memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa, serta meningkatkan amal untuk bersama-sama membangun masyarakat.

2) Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia, antara lain :
a. Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah;
b. Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial);
c. Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tatakrama pergaulan;
d. Menumbuhkembangkan kesadaran untuk rela berkorban terhadap sesama;
e. Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah;
f. Melaksanakan kegiatan 7K (Keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kedamaian dan kerindangan).
Hasil yang diharapkan adalah agar siswa memiliki kepribadian yang mantap dan mandiri, memiliki budi pekerti luhur sesuai norma nilai yang berlaku, memiliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kesetiakawanan sosial yang tinggi

3) Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara, antara lain :
a. Melaksanakan upacara bendera pada hari senin dan /atau hari sabtu, serta hari-hari besar nasional;
b. Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars dan Hymne);
c. Melaksanakan kegiatan kepramukaan, PMR, baris berbaris (PBB);
d. Mengunjungi dan mempelajari tempat-tempat bernilai sejarah;
e. Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan;
f. Melaksanakan kegiatan bela negara;
g. Menjaga dan menghormati simbol-simbol dan lambang-lambang negara;
h. Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan antar negara.

Hasil yang diharapkan adalah untuk mendorong siswa agar memiliki tekad, sikap dan tindakan yang teratur, terpadu dan berlanjut dalam menumbuhkembangkan kecintaan kepada tanah air, kesadaran berbangasa dan bernegara, yakin akan kesaktian Pancasila sebagai ideologi Negara, kerelaan berkorban untuk Negara, serta memberikan kemampuan awal bela Negara.

4). Pembinaan prestasi akademik, seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat, antara lain :
a. Mengadakan lomba mata pelajaran/program keahlian;
b. Menyelenggarakan kegiatan ilmiah;
c. Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek);
d. Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar;
e. Mendesain dan memproduksi media pembelajaran;
f. Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian;
g. Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah;
h. Membentuk klub sains, seni dan olahraga;
i. Menyelenggarakan festival dan lomba seni;
j. Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga.

Hasil yang diharapkan adalah siswa mampu meningkatkan prestasi baik akademik,, seni, maupun olahraga serta termotivasi untuk meningkatkan ketrampilan , menciptakan kreatifitas dan inovasi karya ilmiah, menguasai iptek, menghargai hasil dan karya seni serta bangga terhadap karya seni daerah dan nasional

5) Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural, antara lain :
a. Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing;
b. Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa;
c. Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional;
d. Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat;
e. Melaksanakan kegiatan forum komunikasi (belajar kelompok, diskusi, debat, pidato);
f. Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan;
g. Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah.
Hasil yang diharapkan adalah siswa mampu berorganisasi, mengatur dan diatur, memimpin dan dipimpin, bekerjasama/berkelompok, menguasai tata cara berdiskusi, memiliki ketrampilan mengatur dan mengorganisasikan kegiatan, mampu berkreasi, menghargai pendapat orang lain, tidak memaksakan kehendak, menghargai dan melaksanakan keputusan bersama

6) Pembinaan kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan, antara lain :
a. Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna;
b. Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa (mading);
c. Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produksi;
d. Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi siswa berkebutuhan khusus;
Hasil yang diharapkan adalah mendorong terbentuknya sikap mental wiraswasta dan wirausaha di kalangan siswa sehingga menjadikan siswa yang dinamis, kreatif, mampu berusaha untuk hidup maju dan berprestasi, mandiri dan percaya diri

7) Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi antara lain :
a. Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat;
b. Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS);
c. Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan HIV AIDS;
d. Meningkatkan kesehatan reproduksi remaja;
e. Melaksanakan hidup aktif;
f. Melakukan diversifikasi pangan;
g. Melaksanakan pengamanan jajan anak sekolah.
Hasil yang diharapkan adalah meningkatkan kemampuan hidup sehat, mempunyai daya tangkal, daya hayat terhadap pengaruh buruk penggunaan narkotika, obat terlarang, minuman keras dan merokok serta meningkatkan daya kreasi yang positif.

8) Pembinaan sastra dan budaya, antara lain :
a. Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang sastra;
b. Menyelenggarakan festival/lomba, sastra dan budaya;
c. Meningkatkan daya cipta sastra;
d. Meningkatkan apresiasi budaya.
Hasil yang diharapkan adalah siswa dapat mengisi waktu luangnya dengan berbagai kegiatan pengembangan ketrampilan sastra dan budaya, mempunyai wawasan dan ketrampilan menciptakan dan melaksanakan berbagai daya cipta sastra serta apresiaia budaya

9) Pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), antara lain :
a. Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran;
b. Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi;
c. Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan.
Hasil yang diharapkan adalah siswa mampu menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kreasi dan inovasi dalam menyongsong kemajuan teknologi dengan mempertahankan integritas kebangsaan

10) Pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris, antara lain :
a. Melaksanakan lomba debat dan pidato;
b. Melaksanakan lomba menulis dan korespodensi;
c. Melaksanakan kegiatan English Day;
d. Melaksanakan kegiatan bercerita dalam bahasa inggris (Story Telling);
e. Melaksanakan lomba puzzies words/scrabble
Hasil yang diharapkan adalah siswa mampu meningkatkan kemampuan penguasaan bahasa Inggris dengan melalui berbagai kegiatan untuk mengolah kecakapan berbahasa asing terutama bahasa Inggris.

G. Program Osis Smp Negeri 2 Pegandon Periode Tahun Pelajaran 2013/2014
Adapun program yang dirancang untuk menunjang tujuan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Program Mingguan
a. Latihan kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan setiap hari Senin s.d. Sabtu , yang dilaksanakan oleh beberapa ekstrakurikuler diantaranya yang tersebut di bawah ini yaitu :

DAFTAR KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

No.

Jenis Kegiatan

Hari

Waktu (WIB)

Ket.

1

Basket Pa Rabu,  Sabtu 15.00 – 17.00  
Basket Pi Selasa, Kamis 15.00 – 17.00  

2

Tenis Meja Selasa, Kamis 15.00 – 17.00  

3

Futsal Senin 15.00 – 17.00  

4

Sepak Takraw Senin, Selasa, Kamis, Sabtu 15.00 – 17.00  

5

Bola Voly Kamis, Sabtu 15.00 – 17.00  

6

Komputer  (7) Sabtu 13.00 – 15.00  
Komputer (8) Sabtu 15.00 – 17.00  

7

Mading Senin 15.00 – 17.00  

8

Pramuka Jum’at 14.00 – 17.00  

9

Drumband Sabtu 15.00 – 17.00  

10

Taekwondo Senin 15.00 – 17.00  

11

Rebana Rabu 13.00 – 15.00  

12

Paskibra/PBB Rabu 15.00 – 17.00  

13

PMR Senin 14.00 – 16.00  

 

b. Latihan kegiatan intrakurikuler meliputi : Latihan Upacara (jadwal menyesuaikan), Latihan Sikap dan Mental, Latihan Kepemimpinan, Latihan Kreatifitas dan Kewirausahaan, PBB/Paskibra.
c. Upacara apel pagi yang dilaksanakan tiap Senin pukul 07.00 WIB.
d. Kegiatan Jum’at pagi pada jam 07.00 – 07.55 diisi dengan kegiatan salah satu diantaranya Senam Pagi, Jalan Sehat, atau Jum’at bersih (menyesuaikan keadaan). Sedangkan pada tiap hari Jum’at Kliwon dilaksanakan pembacaan Yasin dan Tahlil dilanjutkan dengan Tausiyah/Qultum.
e. Membaca Doa dan Asma’ul Husna sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai
f. Sholat Dhuhur berjamaah dilaksanakan secara bergiliran untuk tiap-tiap kelas.

2. Program Bulanan
a. Class meeting, yang dilaksanakan setiap Akhir Semester Selesai Ujian Semester Sebelum Penerimaan Raport. Kegiatan ini mencakup bidang Olahraga, Keterampilan dan Kesenian, bidang Ilmu Pengetahuan Umum, Pengetahuan Agama, TIK (dari kegiatan Ekstrakurikuler) dan penyuluhan-penyuluhan berdasarkan kebutuhan peserta didik yang disesuaikan dengan anggaran sekolah.
b. Pembacaan Yasin dan Tahlil setiap hari Jum’at Kliwon (dilanjutkan dengan Tausiyah/Qultum jika waktu memungkinkan) pada jam 07.00 – 07.55.
c. Rapat Bulanan Pengurus OSIS dan Pelatihan Pengurus OSIS
3. Program Tahunan
a. Pemilihan MPK dan Pemilu Ketua OSIS setelah berakhir kepengurusan yang lama.
b. Pelatihan kepemimpinan (Latihan Dasar Kepemimpinan) terhadap pengurus OSIS yang baru sebelum menjalankan kepengurusan organisasi yang baru.
c. Pelaksanaan MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik) yang bertujuan memperkenalkan lingkungan sekolah terhadap siswa baru SMP Negeri 2 Pegandon.
d. PBB, kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun pelajaran baru. Pesertanya khusus siswa baru yaitu kelas VII yang baru. Kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu satu Minggu pada saat pelaksanaan MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik)
e. Parade Band, yang direncanakan akan dilaksanakan setiap akhir semester atau akhir tahun pelajaran.
f. Peringatan hari-hari besar nasional (upacara, lomba, pameran) dan keagamaan (pengajian, istighosah, lomba Islami, mauludan, pembacaan yasin dan tahlil).
g. Sosialisasi bahaya narkoba, pergaulan bebas, kesehatan, kriminal, transportasi, dan lain-lain yang diisi oleh pemateri baik dalam maupun luar.
h. Kemah Akhir Tahun, dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran.
i. Peringatan Hari Jadi SMP N 2 Pegandon dalam bentuk Bazar / Pameran / Tasyakuran.

H. Rincian Rencana Program Osis SMP Negeri 2 Pegandon Tahun Pelajaran 2013/2014 bisa diunduh pada tautan berikut ini.
PROGRAM OSIS

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *