Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 156928/MPK.A/KR/2013 tanggal 8 November 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013, pada tahun pelajaran 2014/2015 Kemdikbud bersama Kementerian Agama akan mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada semua tingkatan pendidikan: SD/MI kelas I, II, IV, dan V, SMP/MTs kelas VII dan VIII, dan SMA/MA/SMK/MAK kelas X dan XI di seluruh Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut, SMP 2 Pegandon sedini mungkin berupaya untuk memberikan bekal awal kepada guru agar mampu memahami konsep dan desain implementasi Kurikulum 2013 sehingga mampu melaksanakan Kurikulum 2013 pada tahun 2014/2015 nanti dengan baik. Salah satu upaya yang ditempuh adalah menyelenggarakan kegiatan In Hous Training (IHT) Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) tentang Konsep Kurikulum 2013 dan Implementasinya.
IHT MBS tentang Kurikulum 2013 dan Implementasinya merupakan pelatihan internal sekolah dengan menghadirkan narasumber dari kalangan pakar dan praktisi pendidikan yang berkompeten yang diberikan kepada guru di SMP 2 Pegandon. Agar kegiatan IHT tersebut dapat dilaksanakan sebaik-baiknya, perlu disusun “Panduan IHT MBS tentang Kurikulum 2013 dan Implementasinya” untuk dijadikan sebagai acuan oleh pihak yang melaksanakan pelatihan tersebut.
Tujuan umum IHT MBS tentang Kurikulum 2013 dan Implementasinya adalah agar terjadi perubahan pola pikir (mindset) guru dalam mempersiapkan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi hasil pembelajaran sesuai dengan pendekatan dan evaluasi pembelajaran pada Kurikulum 2013 dengan baik dan benar. Sedangkan, tujuan khususnya adalah agar peserta (guru) SMP 2 Pegandon mampu memahami materi IHT yang terdiri dari:
- rasional Kurikulum 2013;
- elemen perubahan kurikulum;
- Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD);
- strategi implementasi Kurikulum 2013;
- isi Buku Guru;
- isi Buku Siswa;
- penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP);
- cara penilaian sesuai tuntutan Kurikulum 2013; dan
- cara melaksanakan pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum 2013; dan
Secara umum kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh para peserta setelah mengikuti IHT antara lain sebagai berikut:
- Konsep Kurikulum 2013:
- kemampuan menjelaskan rasional Kurikulum 2013 dalam kaitannya dengan perkembangan masa depan;
- kemampuan menjelaskan elemen perubahan Kurikulum serta hubungan antara elemen-elemen tersebut dengan kompetensi yang dibutuhkan di masa depan;
- kemampuan menganalisis keterkaitan antara KD, KI, dan SKL, serta tahapan dan aktivitas yang harus dilakui untuk memperoleh ketiga kompetensi tersebut;
- kemampuan menjelaskan elemen-elemen penting dari implementasi Kurikulum 2013 ditinjau dari standar nasional pendidikan.
- Analisis Materi Ajar:
- kemampuan membuat rancangan menggunakan buku sebagai sumber belajar;
- kemampuan menganalisis kesesuaian buku guru dan buku siswa dengan kurikulum;
- kemampuan menganalisis kesesuaian proses, pendekatan belajar, serta strategi evaluasi yang diintegrasikan dalam buku;
- menguasai secara utuh materi, struktur, dan pola pikir keilmuan materi pelajaran;
- menguasai filosofi materi ajar serta penerapannya dalam ilmu lain dan kehidupan sehari-hari;
- kemampuan menganalisis kesesuaian tema dengan kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh siswa.
- kemampuan membuat rancangan menggunakan buku sebagai sumber belajar;
- Perancangan Model Belajar:
- kesesuaian RPP dengan SKL, KI, dan KD;
- kesesuaian hasil RPP dengan kriteria RPP yang baik;
- kesesuaian hasil RPP dengan pendekatan belajar scientific;
- kesesuaian kompetensi dengan evaluasi yang digunakan;
- kualitas tes, nontes, dan portofolio;
- kualitas rancangan penerapan Authentic Asessment.
- Praktek Pembelajaran Terbimbing:
- Kualitas simulasi yang ditunjukkan oleh guru;
- Kualitas pelaksanaan peer teaching oleh guru (menggunakan Alat Penilaian Kegiatan Guru/APKG).
IHT dilaksanakan selama 3 (tiga) hari pada tanggal 23 s.d. 25 Desember 2013 di Ruang Laboratorium IPA SMP 2 Pegandon. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal, Joko Supratikno, dengan menghadirkan narasumber:
(1) Wahono, M.Pd. (Kepala SMP 1 Tanggungharjo-Grobogan dan penyusun buku siswa Kurikulum 2013);
(2) Suranto, M.Pd. (Guru SMP 2 Kendal dan Ketua MGMP Matematika SMP Kab. Kendal)
Kegiatan IHT diikuti kepala sekolah dan semua guru mata pelajaran SMP 2 Pegandon sebanyak 29 orang dengan jadwal sebagai berikut:
Waktu |
Materi Kegiatan |
Narasumber |
Hari I: Senin, 23 Desember 2013 | ||
07.30-08.30 |
Pembukaan dan Pengarahan | Panitia, Kabid Dikdas |
08.30-10.00 |
Perubahan Mindset | Wahono, M.Pd. |
10.00-12.00 |
Rasional dan Elemen Perubahan | Wahono, M.Pd. |
12.00-13.00 |
Ishoma | |
13.00-14.30 |
SKL, KI dan KD serta Strategi Implementasi Kurikulum 2013 | Wahono, M.Pd. |
14.30-16.00 |
Analisis Buku Guru dan Buku Siswa (Kesesuaian, Kecukupan, dan Kedalaman Materi) | Wahono, M.Pd. |
Hari II: Selasa, 24 Desember 2013 |
||
07.30-09.00 |
Konsep Pendekatan Scientific dan Model Pembelajaran | Suranto, M.Pd. |
09.00-10.30 |
Konsep Penilaian Autentik pada Proses dan Hasil Belajar | Suranto, M.Pd. |
10.30-12.00 |
Perancangan Penilaian Autentik | Suranto, M.Pd. |
12.00-13.00 |
Ishoma | |
13.00-14.00 |
Penyusunan RPP | Suranto, M.Pd. |
14.00-15.00 |
Simulasi Pembelajaran | Suranto, M.Pd. |
15.00-16.00 |
Peer Teaching | Suranto, M.Pd. |
Hari III: Rabu, 25 Desember 2013 |
||
07.30-16.00 |
Penyusunan RPP setiap mata pelajaran | Panitia dan Guru |
Berikut adalah gambar beberapa aktivitas narasumber dan peserta selama IHT berlangsung.
Meskipun kegiatan tersebut baru tahap kegiatan awal untuk membekali guru sebelum mengikuti kegiatan pelatihan Kurikulum 2013 yang sesungguhnya, para peserta mengikuti kegiatan tersebut dengan sangat antusias. Hal itu terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada narasumber, baik pada hari I maupun II. Semoga kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi guru SMP 2 Pegandon dalam menyongsong pelaksanaan Kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2014/2015 mendatang. ***